Kopi Lindungi Otak Dari Kerusakan


Dimuat di Warta Kota Magelang
Edisi 05 tahun 2008

SEBUAH penelitian menunjukkan kafein (kandungan utama dalam kopi) dalam jumlah yang tepat dapat melindungi otak dari kerusakan akibat kolesterol.

Dalam penelitian sebelumnya didapatkan bahwa kolesterol menjadi penyebab utama kerusakan otak. Memang masih belum didapatkan secara pasti apa penyebab alzheimer, tapi para ilmuwan meyakini tingginya kadar kolesterol dalam darah merupakan pemicu munculnyapenyakit itu.

Kafein mampu menghadang efek buruk kolesterol. Kafein terbukti memperkuat penghalang bahan-bahan berbahaya yang dibawa darah ke otak atau yang dikenal dengan istilah blood brain barrier.

Blood brain barrier adalah semacam filter yang mampu melindungi sistem syaraf pusat (otak) dari bahan-bahan kimia yang punya potensi berbahaya yang terbawa oleh darah. Kafein mampu menghadang efek negatif kolesterol yang membuat blood brain barrier melemah.

Selain memperkuat blood brain barrier, kafein dalam jumlah tepat juga terbukti aman dan siap diolah menjadi obat yang mampu menstabilkan blood brain barrier. Jika telah mampu dibuat, obat ini diyakini akan memegang peranan penting dalam terapi bagi penderita gangguan syaraf.

Penelitian yang dilakukan bukan pada menusia, melainkan pada kelinci. Kelinci-kelinci itu menjalani program diet tinggi kolesterol selama 12 minggu. Kemudian, kelinci itu dibagi dalam dua kelompok. Satu kelompok kelinci diberi suplemen kafein yang jumlahnya setara secangkir kopi seriap hari. Hasilnya kelinci yang diberi kafein punya blood brain barrier yang lebih bagus dan kuat daripada yang tidak diberi kafein.

Penelitian itu membuat juru bicara Masyarakat Alzheimer menyarankan agar penelitian serupa dilakukan pada manusia. Hal itu perlu dilakukan agar diketahui hasil dengan detail yang akurat tentang dampak kafein pada manusia dan otak.

Selain berdampak pada peredaran darah, kenaikan level kandungan kolesterol bisa menyebabkan persoalan dengan blood brain barrier. Padahal blood brain barrier inilah yang melindungi otak dari racun dan infeksi. Selama ini, belum ada penelitian bagaiman blood brain barrier melindungi otak dari alzheimer atau stroke.

Meski demikian, Masyarakat Alzheimer menilai penelitian tersebut merupakan bukti terbaik bahwa jumlah kafein setara secangkir kopi mampu melindungi otak dari akibat buruk kolesterol. Penelitian ini membawa secercah cahaya terang perihal manfaat minum secangkir kopi sehari.

One thought on “Kopi Lindungi Otak Dari Kerusakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s